Home Berita PPL Untuk Skill Masa Depan

PPL Untuk Skill Masa Depan

271
0

FAI UMT, PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) merupakan sebuah kegiatan untuk para mahasiswa mengimplementasikan apa yang di dapat dalam dunia perkuliahan untuk di praktekkan di dunia kehidupan. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

Tujuan dari PPL itu adalah untuk melatih mahasiswa atau calon guru agar memiliki kemampuan memperagakan kinerja dalam situasi nyata dalam kegiatan belajar mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. Secara khusus tujuan PPL adalah: mengenal lingkungan fisik dan non-fisik (administratif, akademik dan sosial-psikologis) sekolah, memiliki penguasaan berbagai keterampilan dasar mengajar, menerapkan berbagai kemampuan profesional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situas nyata, mengembangkan kompetensi pembelajaran bidang studi yang menjadi spesialisasinya.

Dr. Erpin Harahap, MA. selaku sekprodi PAI FAI UMT mengatakan bahwa program PPL PAI FAI dilaksanakan selama 1 bulan. Diantaranya adalah yang dilakukan mulai tanggal 13 Februari – 13 Maret 2023, yang diikuti oleh 135 mahasiswa PAI. Pelaksanan PPL tahun ini bekerjasama dengan 13 Sekolah yang terdiri dari 3 sekolah SMA/MAN se-derajat yaitu MAN 1 Kota Tangerang, MAN 2 Kota Tangerang, MAN 3 Kab Tangerang, Sedangkan 10 Sekolah tingkat SMP/MTs se-derajat yaitu MTsN 1 Kab Tangerang – Rajeg, MTsN 1 Kota Tangerang – Cikokol, MTsN 2 Kota Tangerang – Pinang, MTsN 3 Kab Tangerang – Pagedangan, MTsN 3 Kota Tangerang – Benda, MTs At-Taqwa – Benda, MTS Al-Mu’in – Batu Ceper, MTS Al- Husna – Curug, MTs Al-Manshuriyah – Cipondoh, SMP Muhammadiyah Cipondoh, MTs Daarul Muttaqien – Sepatan. Dalam kegiatan ini mahasiswa akan didampingi oleh Guru Pembimbing Lapangan dan Dosen Pendamping Lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here